Minggu, 13 Juni 2010

PROLOG

NAMA KELOMPOK : TJOKORDA GDE AGUNG SUKAWATI

Ketua kelompok : Ade Luthfie Jauhar Arif F1B008018

Anggota :

1. Zaenul Ahyar F1B006088

2. Raras Dwi Anggraeni F1B008049

3. Ayu Elisa Anggraeni F1B008068

4. Emiliana F. S. F1B008103

MOTTO : "it's never too late to change….”

JUDUL BAB : MANAJEMEN HARAPAN

Semester empat ini kami memilih salah satu mata kuliah Pengembangan Organisasi, mata kuliah ini diampu oleh pak Simin dan pak Ali Rokhman. Setelah UTS mata kuliah ini dipegang oleh Bapak Ali Rokhman yang dalam awal pertemuan kuliah menganjurkan kepada seluruh mahasiswa untuk mempunyai buku CHANGE karya Rhenal Khasali, baik itu membeli, fotocopy, ataupun meminjam dari perpustakaan.

Proses pembelajaran oleh pak Ali begitu menyenangkan, mudah di pahami. Kemuduian pak Ali juga menyarankan agar dalam mata kuliah nya itu setiap mahasiswa membentuk kelompok berdasarkan acak yang di berikan oleh beliau. Mungkin tujuan hal tersebut adalah untuk mengenal satu sama lain lebih dekat dan merata. Dan kemudian kelompok ini guna untuk mempresentasikan bab yang ada dalam buku Change tersebut.

PERJALANAN KELOMPOK

Tahap Pengkoordinasian

Setelah mengetahui anggota kelompok kami, pada pertemuan kedua kami berkumpul untuk membahas siapa yang akan membuat blog. Kemudian membahas siapa yang mempunyai buku, atau siapa yang akan meminjam buku Change tersebut. Beberapa hari setelah itu kami berkumpul kembali untuk membahas hasil dari pertemuan pertama, hasilnya adalah blog sudah dibuat namun masih bernama pribadi, juga buku yang kita cari pun sudah ada.

Pada saat kuliah, pak Ali pun memberikan kebebasan pada kami untuk menentukan nama kelompok dan motto kelompok kami. Awal mula kami kebingungan memilih nama kelompok pada saat yang bersaaman saya (Ade Luthfie J.A) mengusulkan untuk memakai nama “Tjokorda gde Agung sukawati”, karena menurut pendapat saya beliau adalah tokoh yang sangat berpengaruh dalam perubahan yang ada di daerah Ubud, Bali. Anggota yang lain pun ikut menyetujuinya, setelah itu mulai mencari apa motto kami, membaca dan melihat-lihat dari sekliling ada banyak usulan mengenai motto, awal dari mas Zainul dan Emil mengusulkan intuk refomasi, Raras, Ayu, dan saya mempunyai sebuah motto yang hampir sama yang kemudian kami pakai untuk motto kelompok yaitu "it's never too late to change….”

Tahap Pembagian Tugas

Setelah memiiki buku Change, kami mulai membagikan tugas untuk masing-masing untuk di resume kemudian dikumpulkan untuk menjadikannya sebuah kesatuan. Bab 14 adalah bahan kelompok kami.

Tahap Pembuatan Slide dan Blog

Ketika membuat blog kami tidak mempunyai kesulitan apapun, karena memang membuat blog itu tidak lah susah. Blog kami pun jadi, namun pada saat itu masih bernama pribadi dan bukan nama kelompok. Tapi dikemudian hari nama blog kami rubah karena sudah mulai untuk posting hasil pembahasan kelompok.

Nah pada saat pembuatan slide kami menemui kesulitan, kesulitan itu didapat ketika kami mendengar bahwa presentasi itu suda akan dimulai, maka hari sabtu sebelum kuliah PO kami bergegas untuk membuat slide, dengan terburu-buru kami membuat slide yang hasilnya kurang memuaskan. Eehhhh.... ternyata hari itu belum dipakai untuk presentasi, akhirnya slide kami lanjutkan ke esokan harinya oleh anggota kami Raras.

Tahap Presentasi

Setelah slide kami jadi, kami pun ahrus mengirim slide itu ke email pak Ali untuk bahan nanti presentasi. Hal tersebut sudah bisa di selesaikan, tinggal menunggu giliran presentasi. Penilaian presentasi di berikan oleh pak Ali dan teman-teman lainnya.

Tiba saatnya kami untuk mempresentasikan slide kami, hari itu sabtu tanggal 29 Mei 2010, kelompok terakhir dan bab terakhir pula. Dag..dig..dug... rasanya ketika kami mulai maju kedepan untuk presentasi, sebagai permulaan Raras memperkenalkan kelompok kami karena dia adalah sebagai moderator, Emil sebagai notulen dan pembahas, dan saya (Ade Luthfi J. A), Ayu, mas Zainul adalah sebagai pembahas. Waktu yang diberikan hanya 5 menit untuk presentasi dan alhamdulilah kami tidak melebihi kapasitas waktu yang telah di berikan, maka selesai lah presentasi kami sebagai kelompok penutup dari tugas mata kuliah PO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar